Wednesday 30 April 2014

KOTA BANJAR

KOTA BAJNJAR
 

KOTA BANJAR, adalah sebuah kota di provinsi jawa barat, indonesia. Kota Banjar berada di perbatasan dengan provinsi jawa tengah, yakni dengan kabupaten cilacap. banjar merupakan manjadi pintu gerbang utama jalur lintas selatan jawa barat. untuk membedakannya dengan banjarnegtak  yang berada di jawa tengah, kota ini sering di sebut juga banjar patroman ( dari nama asal "banjar Pataruman" ).
luas wilayah kota banjar sebesar 13.197,23 Ha, terletak di antara 07°19' - 07°26' lintang selatan dan 108°26' - 108°40' Bujur Timur. Berdasarkan Undang-Undang nomor 27 tahun 2002 tentang pembentukan kota banjar di Provinsi Jawa Barat kurang lebih 113,49 Km2 atau 11.349  Ha.


 gedung setda kota Banjar


secara administratif, Kota ini terdiri atas 4 Kecamatan yaitu Banjar, Purwaharja, Pataruman, dan Langgensari, yang di bangi lagi atas sejumlah Desa dan Kelurahan. banjar pernah menjadi kota Kecamatan bagian dari Kabupaten Ciamis, kemudian di tingkatkan statusnya menjadi kota administratif. sejak tanggal 1 Desember 2002, Banjar ditetapkan sebagai Kota Otonomi yang terpisah dari Kbupatren Ciamis.

Lansekap
Kota Banjar memiliki lansekap yang beragam. bagian utama, selatan dan barat merupakan wilayah berbukit-bukit. kota ini dibelah oleh Citanduy di bagian tengah. terdapat pula sebagian kawasan pertanian, terutama di bagian pinggir kota.i persawah
Zona pertanian di kota banjar terdiri dari persawahan, perkebunan jati yang dikelola oleh perhutanan dan hutan hujan tropis biasa.
pada tahun 2006, pembangunan balai kota baru dan markas kepolisian resort baru dikecamatan purwaharja mengharuskan pemotongan sejumlah bukit dan pegundulan hutan jati

CITANDUY
Citanduy yang membelah Kota Bajar telah dibelokan alirannya di purwaharja dalam proyek Citanduy-Ciwulan. proyrk ini bertujuan untuk mengaliri sawah didaerah langensari Deposit pasir ditemukan di beberapa bagian sungai.

SEJARAH KOTA BANJAR



  • Bajar sebagai Ibukota Kecamatan, dari tahun 1937 sampai tahun 1940.
  • Bajar sebagai Ibukota Kewardanaan, dari tahun 1941 sampai dengan 1 Maret 1992
  • Banjar sebagai Administrasi dari tahun 1992 sampai dengan tanggal 20 Februari 2003
  • Banjar Kota sejak tanggal 21 Februari 2003.

Akomodasi/Pariwisata


Pariwisata Kota Banjar sekarang bertambah dengan dibangunnya waterpark dan Bendung situ Letik. makin keberadaan dua objek wisata tersebut semakin menambah objek andalan pariwisata Kota Banjar. waterpark yang berada di parunglesang dilalui oleh lalu lintas jalur selatan jawa.baik itu roda empat maupun kereta api.
Potensi Pariwisata Kota Banjar.

  Wisata Air
  1. Objek Wisata Situ Mustika
  2. Objek Wisata waterpark
  3. Objek Wisata Situ Leutik

Wisata situs/Sejarah
  1. Rawa Onom/Pulomajeti (situs)
  2. Kokoplak (situs)
  3. Terowongan Binangun

Wisata Kuliner
  1. jajanan khas sunda
  2. jajanan Seafood
  3. jajanan oriental/Chinese food

       sebagian penunjang sarana wisata terdapat juga jasa akomodasi berupa :
  • 9 buah berupa hotel dan penginapan dengan kapasitas kamar 159 buah dan tempat tidur sebanyak 305 buah.
  • 1 buah rest area.
  • setasiun kerata kelas 1
  • terminal bus berdekatan dengan Objek Wisata Waterpark.











1 comment: